Posted by : Andre Laksmana Kamis, 30 Mei 2013

Haaii guys.. I'm Dinaar..

Kali ini, saya akan membahas sedikit tentang pengalaman saya bersama Adobe Flash Player.

Hmm.. sebelumnya pasti kalian tau dong apa itu adobe flash player?? Yap!!

Adobe Flash Player itu adalah sebuah software berukuran kecil yang sangat berguna, terutama untuk browsing di internet karena software ini bersifat plug-in, fungsinya untuk membuka file berupa swf, flv pada browser, sepert ; memutar video di situs-situs sharing video semacam Youtube, memutar lagu atau Mp3 di soundcloud dll, memutar TV Online Streaming, Chatting di situs jejaring semacam Facebook dan di Yahoo Mail dan juga main game online..

Jadi, jika kita tidak bisa memutar atau mengakses fungsi2 diatas tadi, itu artinya adobe flash kamu mengalami masalah..

Ngomong-ngomong soal masalah, beberapa pekan yang lalu, saya mengalami masalah dengan si Adobe Flash Player ini. Jadi begini ceritanya..

Waktu itu ceritanya saya baru saja menginstal ulang PC-Laptop saya dari Windows 7 ke Windows 8. Dan saya berhasil secara mulus menginstal ulang tanpa ada gangguan sedikitpun (maklum lah udah berhari-hari nyoba nginstal dan gagal.. hehehe) Daaaaaan saya sangat terkesima, terutama sebagai pengguna baru windows. Seusai saya menginstal, langkah pertama tentu saya, menginstal driver laptop dan berlanjut menginstalkan beberapa aplikasi pendukung lainnya seperti antivirus, office, web browser, aplikasi2 yang saya butuhkan untuk mengerjakan tugas, dan tak lupa Adobe Flash Player.

Langsung lah saya membuka youtube.com untuk menonton larva waktu itu.. hehehehehe.. ditengah-tengah saya sedang asik menonton, tiba-tiba ada peringatan, lupa sih peringatannya kaya gimana, intinya itu pemberitahuan kalau Adobe Flash Player saya sudah waktunya diupdate. yaudahlah ya, berhubung software gratis, update aja lah.. dan saya pun melanjutkan menonton youtube.

Pada hari berikutnya, setelah sholat subuh, saya langsung menuju laptop dan browsing buat mengerjakan tugas. Dan saya membutuhkan beberapa bahan video dari youtube. and do you know what happen???!! Youtube tidak bisa dibuka men!! Tulisannya sih kurang lebih gini "Instal Adobe Flash Player Terbaru disini" kemudian ada linknya yang mengarahkan ke alamat adobe dan langsung ada Adobe Flash Player 11.7.700.202 nongol dan siap di klik buat di update. Seingat saya waktu itu, saya sudah meng-update flash playernya, ya udah update aja lagi. Ternyata g ada effeknya, tetap saja youtube menyuruh buat update. Why???? Karena saya orangnya lumayan gaptek alias gagap teknologi, hal pertama yang saya lakukan adalah  menyalahkan laptop :p . 10 menit kemudian saya berfikir, ah mana mungkin laptopnya yang salah, pasti yang salah ituuuu.. Sistem Operasinya. Windows 8, kamu salah!!


Karena saya bingung dan kurang think smart. Saya langsung berencana buat melakukan KB, eh salah, maksudnya berencana untuk bertanya kepada teman sesama MSP tentang windows 8 yang (katanya) canggih luarbiasa itu. Lantas, dia bilang "Semua Aplikasi Yang Bisa Di Instalkan pada Windows 7 Pasti Bisa juga Di Instal kan di Windows 8". Wah, berarti windows 8, ternyata kamu tidak bersalah, maafkan aku yang salah mengerti kalian *elus2 laptop*. Akhirnya saya bercerita juga tentang masalah saya. saya sih ceritanya gini "Bray, aneh nih, kemarin gue nonton youtube bisa, trus sekarang secara misterius youtube gue ga bisa dibuka!!, Aneh kan!!, Apa gara2 gue keseringan nnton larva ya??". Astagfirulloh, betapa bodoh diri ini ya Robb.. Teman saya pun menyuruh saya buat restart PC dan instal ulang aplikasi plug-in nya. sudah saya lakukan, tapi tetap tidak berhasil, dan teman saya pun menyerah.

Tapi, saya tidak menyerah. Kucoba dan terus kucoba, dengan segala cara, karena saya yakin. I can do that, I can fix you ohh youtube ku. Saya mencoba membuka youtube dari berbagai macam browser, dari Mozilla, Google Chrome, Safari, Opera, Internet Exploler, hasilnya sama saja. Semuanya menyuruh update. disini sudah dapat diketahui, bahwa browsernya tidak bermasalah. Berarti Flash Playernya yang bermasalah.
Berbagai cara telah saya lakukan, mulai menginstal ulang aplikasi flash itu sendiri, sampai menginstal ulang aplikasi2 yang tidak bersalah seperti antivirus, IDM, karena saya pikir itu menghambat fungsi flash atau memblokir flash pada youtube. dan akhirnya saya berhasil..

Apa? berhasil??? IYAAAA, SAYAA BERHASIILL.. Hahahaha

Ternyata eh ternyata, yang membuat Adobe Flash Saya terus meminta di update sehingga tidak bisa menjalankan fungsinya dengan benar adalah, karena berkas Update adobe flash player yang terbaru itu memang tidak bisa sembarangan diupdate. Tetapi ternyata PC anda harus benar2 bersih dari file2 Adobe Flash Player. Walaupun sudah di uninstall melalui Control Panel sekalipun, beberapa file Adobe Flash Player masih tersimpan di PC dan jika kita meng-update file yang baru, maka akan terjadi crash, atau conflik, sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik. Lalu? Bagaimana solusinya??
Solusinya Mudaah kok..

Anda tinggal membuka link di bawah ini :
http://helpx.adobe.com/flash-player/kb/uninstall-flash-player-windows.html
disana silahkan download file uninstaller khusus untuk Adobe Flash Player. 



Lalu, ikuti langkah-langkah yang ada. Klik link uninstaller seperti yang ada pada gambar diatas dan aplikasi uninstaller akan secara otomatis ter-download. Tutup semua Browser dan Aplikasi yang sedang aktif, dan Jalankan aplikasi uninstaller yang sudah didownload tadi. setelah aplikasi berhasil ter-uninstall, restart PC anda.

Dan silahkan membuka
http://get2.adobe.com/flashplayer/
Install Adobe Flash, dan coba buka youtube.com..

Apakah sudah bisa?? Bisaaaaaaaa.. Kalau punya saya bisa, pasti anda juga bisa. Kalau masih tidak bisa, silahkan komen, InsyaAllah saya bakal bantu cari solusinya.. hehe

Okk, mungkin itu tadi yang masih bisa saya share kepada anda. Semoga Artikelnya bermanfaat. Terima Kasih.. dan nantikan postingan berikutnya yaaaaaaaaa.. :)






{ 7 komentar... read them below or Comment }

  1. ane sudah coba berungkali tetapi tetap gak bisaa
    gimana dong, bantuin yyaaak T_T

    BalasHapus
  2. ane udah coba saran ente gan, dan hasilnya...gagaaaaaaal masih begitu lagi. bgm ya? mohon pencerahannya

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah bisa gan! Terimakasih banyak :D

    BalasHapus
  4. gak bisa.... gimana ini,,, mohon bantuannya

    BalasHapus
  5. makasih gan, alhamdulillah bisa ini :D

    BalasHapus
  6. tetep gak bisa, di add-onsku ada adobe acrobat yg harus di update nah ya udah aku klik update now, tpi yg ada malah halaman pemberitahuan klau aplikasi itu ke block nah trus aku klik the plugin check page, trus aku klik update buat adobe acrobat di halaman check plugin itu tpi bukannya ke update tpi malah balik lagi ke halaman itu. jadi aku harus gimana? mohon bantuannya

    BalasHapus

Popular Post

Labels